PENGANTAR KANJI

Hai, Bunpou warriors seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya akan ada halaman khusus untuk membahas huruf Kanji, nah disinilah tempatnya. 


Dalam mempelajari Bahasa Jepang mempelajari huruf sangat penting karena akan digunakan untuk membaca dan menulis. Salah satu huruf yang terpenting adalah huruf Kanji. Tulisan-tulisan seperti koran, majalah, pengumuman, dan sebagainya pada umumnya mengandung huruf Kanji. Tetapi banyak pula orang dapat berbicara bahasa Jepang atau membaca tulisan yang mengandung Kanji dengan lancar namun belum tentu mereka dapat menulis dengan lancar hal ini dikarenakan cara menulisnya yang cukup rumit jika tidak dipelajari, namun setelah dipelajari akan semakin mudah tentunya. 


Kanji adalah huruf gambar, logografik, huruf ini diadopsi dari China. Kanji datang dari China sekitar 2000 tahun yang lalu, huruf atau tulisan China datang ke Jepang melalui meterai, pedang, cermin, koin, dan benda-benda dekoratif lainnya yang diimpor oleh Jepang dari China. Jadi, banyak huruf-huruf Kanji yang masih sama dengan huruf Mandarin sampai sekarang. Dan ternyata Hiragana dan Katakana mengambil dari sebagian bentuk Kanji.

Belajar Kanji tidak sebatas mengetahui hurufnya saja namun, harus diketahui pula beberapa poin penting  mengenai suatu huruf kanji, yakni:
1. Bentuk huruf
2. Arti-arti dari huruf, karena satu huruf Kanji bisa mengandung beberapa arti, ada pula yang tidak ada artinya jika berdiri sendiri. 
3. Kun-yomi yakni cara baca Jepang yang ditulis dengan Hiragana. Biasa dipakai jika Kanji itu berdiri sendiri.
4. On-yomi yakni cara baca China yang ditulis dengan Katakana. Biasa dipakai jika suatu Kanji dikombinasikan dengan Kanji lain.
5. Jumlah coretan dan urutan coretan.

Bagaimana huruf Kanji? Susah bukan? Berubah pikiran ? Jadi tidak ingin belajar Kanji ? hehehe. Tenang saja Bunpou Warriors ternyata setelah belajar nanti, lama-kelamaan akan menjadi mudah dan menyenangkan, karena belajar Kanji ini bukan menulis tetapi menggambar, hehehe. Bahkan tidak sedikit yang memfavouritkan pelajaran Kanji di banding pelajaran lain di Sastra Jepang, Universitas Diponegoro.

Nanti per-Bab-nya akan update 10-15 huruf Kanji. Dan tenang saja akan ada penjelasan-penjelasan setiap bab-nya yang akan membuat belajar Kanji semakin mudah dan menyenangkan. 

はじめましょう!(Ayo kita mulai)

Postingan Populer