HURUF JEPANG (文字)



Sebelum kita masuk pelajaran Bahasa Jepang ada baiknya kita mengenal Huruf-Hurufnya Terlebih dahulu. Bahasa Jepang menggunakan 4 jenis huruf yang pastinya bukan huruf arab hihihi. Huruf yang dimaksud yaitu Hiragana , Katakana, Kanji dan Romaji. Mengingat sangat pentingnya Huruf ini dalam pelajaran bahasa Jepang maka dari itu harus dihapal ya, untuk orientasi hanya Perlu menghapalkan Hiragana dan Katakana saja, masalah Kanji nanti saja deh, namun sebelum menghapal mari kita lihat pengertian masing-masing huruf dulu.

1. Hiragana (ひらがな)
Hiragana adalah huruf asli Jepang merupakan huruf dasar untuk menuliskan kosa kata asli Jepang dan untuk menggantikan Kanji bagi anak-anak atau para pemula agar dapat memahami bahasa Jepang. Hiragana sering disebut sebagai onna de (女手)  atau 'tulisan wanita' karena dulunya hiragana hanya ditulis oleh wanita baru pada sekitar abad ke-10 digunakan secara universal.

Contoh:
学生 dapat ditulis dengan Hiragana がくせい(gakusei) artinya siswa, murid
dapat ditulis dengan Hiragana ほん(hon) artinya buku
いちご(ichigo) artinya strawberry

2. Katakana(カタカナ)
Kebalikan dari Hiragana, Katakana digunakan untuk menuliskan kosa kata serapan yang diambil dari bahasa asing dan juga digunakan untuk menulis nama orang asing. Katakana disebut sebagai huruf laki-laki, terlihat dari karakteristik hurufnya yang tajam dan tegas yang menggambarkan sifat lelaki.

Contoh:
バナナ(banana) : Pisang
パソコン(pasokon) : Personal Computer
タクシー(takushii) : Taksi
サッカー(sakkaa) : Sepak bola
マイクミラー(maikumiraa) : Mike Miller
アイスクリーム(aisukuriimu) : Ice Cream
インドネシア(indoneshia) : Indonesia


3.Kanji(漢字)
Nah ini, ini huruf yang paling Njelimet(rumit). Selain Jumlahnya yang mencapai sekitar 2000 huruf, setiap huruf memiliki beberapa cara baca yang berbeda ada on-yomi yakni cara baca China dan kun-yomi cara baca Jepang. Satu huruf juga dapat memiliki arti yang berbeda -beda. Orang Jepang sendiri yang hapal 2000 huruf tersebut belum tentu hapal semua cara bacanya jika berupa gabungan beberapa huruf. Tapi Huruf ini lah yang terpenting agar dapat menguasai bahasa Jepang.
Huruf kanji awalnya berasal dari China seiring berjalannya waktu kini kanji Jepang telah memiliki banyak perbedaan dengan Kanji dari negara asalnya.
Huruf kanji ini nantinya memiliki Pembahasan sendiri di blog ini.

4.Romaji
Nah kalau Romaji ya huruf biasa alfabet A-Z. Romaji biasanya digunakan untuk membantu para pembelajar bahasa Jepang pemula dari negara yang memakai alfabet, Romaji digunakan menggantikan Hiragana, Katakana dan Kanji. Romaji juga digunakan saat suatu kata asing benar-benar tidak bisa ditulis dengan Katakana. Digunakan juga untuk menuliskan nama-nama perusahaan yang tidak boleh tentunya diubah hurufnya begitu pula dengan singkatan-singkatan seperi UNICEF, NASA, UEA, dsb.

Itulah penjelasan singkat mengenai huruf-huruf yang dipakai dalam bahasa Jepang. Berikut ini adalah daftar Hiragana dan Katakana yang harus dihapalkan (cara menulisnya juga ya).

HIRAGANA

KATAKANA




Komentar

Postingan Populer