Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang (日本語で自己 紹介)

Dalam budaya Jepang jika kamu baru pertama menghadiri suatu kantor, sekolah, acara, dll, atau baru bertemu seseorang atau ingin berbicara atau bertanya, ada baiknya kamu memperkenalkan diri kamu terlebih dahulu. Bagaimana cara memperkenalkan diri dengan baik dan benar dalam bahasa Jepang ? Simak baik-baik Pelajaran berikut ini.

Pertama, ucapkanlah  
はじめまして。 (hajimemashite)  perkenalkan
Ini biasa diucapkan orang Jepang saat memulai memperkenalkan dirinya. Kira-kira artinya dalam bahasa Indonesia adalah : Perkenalkan.


わたしは ラマ です(watashi wa Rama desu) Saya adalah Rama.
Atau 
わたしの なまえは ラマ です。(watashi no namae wa Rama desu) Nama saya adalah Rama.
Yang satu ini biasanya digunakan kalau seseorang menanyakan nama kita,
おなまえは?(o namae wa?) Nama kamu siapa ?
 kalau untuk perkenalan diri sebaiknya gunakan yang pertama. 


わたしは インドネシアじん です。(watashi wa indoneshia jin desu) Saya orang Indonesia.
Atau
インドネシアから きました。(indoneshia kara kimashita) Saya berasal dari Indonesia.
Silahkan dipilih sesuai situasi perkenalan kamu, dan boleh juga diganti dengan nama daerah masing-masing misalnya: Bandung, Medan, Jakarta, dsb (tulis pakai katakana ya...)


わたしは スマランに すんでいます。(watashi wa sumaran ni sunde imasu) Saya tinggal di semarang.
Nah, kalau tadi asal daerah kamu yang ini memberitahukan dimana kamu tinggal sekarang.


わたしは がくせい です。 (watashi wa gakusei desu)  
Saya adalah seorang siswa.
Silahkan gakusei bisa diganti dengan pekerjaan kam masing-masing, misalnya : だいがくせい(daigakusei :  mahasiswa)、きょうし(kyoushi : Guru)、いしゃ(isha : dokter)、かいしゃいん(kaishain : karyawan), dsb.
Atau boleh juga ditambahkan keterangan pekerjaan kamu sebagai berikut:
わたしは ディポネゴロだいがく の だいがくせい です。(watashi wa diponegoro daigaku no daigakusei desu) Saya seorang mahasiswa di universitas diponegoro.


どうぞよろしくおねがいします。(douzo yoroshiku onegaishimasu) Senang berkenalan dengan anda.
Diucapkan saat akhir dari berkenalan memiliki makna "mohon bantuannya" biasa diucapkan sambil "Ojigi'.
Ojigi adalah hormat ala Jepang dengan cara membungkukkan badan, semakin membungkuk seseorang berarti semakin besar rasa hormatnya, bahkan untuk seseuatu yang sagat dalam orang Jepang sampai sujud dalam ber-ojigi untuk menyampaikan rasa maaf sedalam-dalamnya misalkan. Namun untuk berkenalan cukup membungkukkan badan sekedarnya saja, membungkuk sekitar 70 derajat.


Untuk kesimpulan berkenalan sebagai berikut :

はじめまして。
(hajimemashite : Perkenalkan)
わたしは ラマ です。
(watashi wa rama desu : Saya adalah Rama)
わたしは   インドネシアじん です。
(watashi wa indoneshia jin desu : Saya adalah orang Indonesia)
わたしは スマランに すんでいます。
(watashi wa sumaran ni sunde imasu : Saya tinggal di Semarang)
わたしは ディポネゴロだいがくの だいがくせい です。
(watashi wa diponegoro daigaku no daigakusei desu : Saya adalah Mahasiswa Universitas Diponegoro)
どうぞよろしくおねがいします。
(douzo, yoroshiku oengai shimasu : Senang berkenalan dengan Anda)



Nah, seperti itulah cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang, bagaimana dengan kamu, sahabat Bunpou warrior ? coba perkenalkan diri kamu ya, tulis di komentar dibawah ini,
じゃ、これです。おつかれさまでした。

Komentar

Postingan Populer